SELAMAT DATANG di www.hargamotorhondabandung.com - DEALER RESMI MOTOR HONDA - Kredit Motor Honda dengan DP TERMURAH DAN ANGSURAN TERINGAN di Bandung dan Cimahi

Honda Menargetkan 120 SMK Untuk Dibina

Honda Menargetkan 120 SMK Untuk Dibina

Honda Menargetkan 120 SMK Untuk Dibina

     Kebutuhan mekanik untuk Honda AHASS di Jawa Barat per Januari 2015 sebanyak 3.300 orang. Sementara itu, hingga kini mekanik yang ada baru 3.026 orang. Dengan kekurangan tersebut, masih ada kekosongan sekitar 300 mekanik. Pihak PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat, terus berupaya memenuhinya, salah satunya dengan program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda.

     Pada tahun 2015 sendiri, PT DAM menargetkan ada 120 sekolah menengah kejuruan (SMK) di Jawa Barat yang menjadi binaannya. Pada tahun 2014 sendiri, telah ada 81 SMK yang telah dibina.
     Dikatakan Lerri Gunawan selaku General Manager Sales, Marketing, and Logistik PT DAM, target menambahkan SMK binaan di Jawa Barat sangat beralasan karena mendukung dalam program Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda. "Ini sebagai salah satu program tanggung jawab sosial kami di bidang pendidikan. PT DAM secara aktif telah memulai program KTSM Honda sejak tahun 2009," ujarnya belum lama ini.
     Lerri menjelaskan, program tersebut dilakukan dengan menyusun silabus khusus yang dapat diimplementasikan di tingkat SMK. Lalu dilanjutkan penyiapan sarana fisik, yakni berupa peralatan praktik dan laboratorium di sekolah-sekolah terpilih. Pemilihan SMK binaan tidak hanya di perkotaan,tetapi daerah pun turut diperhatikan seperti yang dilakukan di SMKN 11 Garut.
     Lebih lanjut dia mengatakan bahwa pendidikan yang diberikan kepada siswa-siswa SMK itu setara dengan pendidikan untuk mekanik AHASS Honda atau Training Level Satu (TTL1). "Harapannya, siswa siswi setelah lulus dapat bekerja di AHASS dan mendapatkan bekal ilmu sepeda motor," ujarnya.
     Lerri mengungkapkan bahwa pada 17 hingga 18 Februari mendatang akan ada kontes mekanik khusus pelajar SMK. Nantinya pemenang akan mewakili Jawa Barat dalam kontes mekanik pelajar tingkat nasional. Lerri berharap program tersebut dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat khususnya pelajar lulusan SMK. AHASS Honda sendiri masih membutuhkan mekanik cukup banyak.
     Wakil Kepala Sekolah Bidang Pendidikan SMKN 11 Garut, Kecamatan Cisewu, Iwan Kuswandi mengaku gembira dengan terpilih sekolahnya menjadi binaan Honda. "Kami adalah SMK pertama di Garut yang membuka jurusan Teknik  sepeda motor. Peminat dari jurusan ini pun cukup banyak," katanya.
    Diakui Iwan, para siswa tidak hanya diberikan teori. Akan tetapi, dapat langsung mempraktikkan apa yang telah diperoleh di kelas. Sebab, telah disediakan laboratorium praktik motor. Mulai dari bedah mesin, kelistrikan, hingga perawatan.
     Salah seorang siswa kelas XII jurusan otomotif Epul Saefuloh (19) mengungkapkan bahwa alasan dia memilih jurusan itu karena senang mengutak-atik mesin sejak kecil. "Dengan adanya jurusan otomotif sepeda motor di SMK ini, saya memilihnya. Besar harapan saya dapat bekerja di AHASS Honda atau dunia otomotif secara luasnya. Sebab, oleh guru kami ditekankan harus siap bekerja setelah lulus nanti," ucapnya.

SUMBER : Koran Pikiran Rakyat / Mohamad Ilham Pratama / "PR"
Rubrik OTOKIR halaman 20
Jum'at (Kliwon) 20 Februari 2015
1 Jumadil Awal 1436 H
Jumadil Awal 1948
Sumber foto : otofinance.co.id