SELAMAT DATANG di www.hargamotorhondabandung.com - DEALER RESMI MOTOR HONDA - Kredit Motor Honda dengan DP TERMURAH DAN ANGSURAN TERINGAN di Bandung Raya dan Cimahi

Motor Sport Injeksi, Hati-Hati Saat Trabas Banjir

Motor Sport Injeksi, Hati-Hati Saat Trabas Banjir, Tips mengendarai Motor Sport Injeksi saat banjir

Kegagahan motor sport tidak perlu dinilai apalagi dibandingkan dengan jenis motor lain. Tongkrongan yang tinggi membuat motor sport ini makin ‘gahar’ tapi hal tersebut tidak berlaku ketika kondisi banjir. Apalagi motor sport yang sudah dilengkapi injeksi, haruslah hati-hati agar sensor komputer tak bermasalah saat melibas banjir.

“Sepeda motor sport, apalagi yang sudah injeksi dibuat bukan untuk pandai berenang, tetapi untuk dinikmati performanya yang kencang. Kalau ketemu banjir, tips paling aman ya jangan diterjang,” ujar Brahmanto, manajer Sportisi Motorsport, yang dikutip oleh Kompas Otomotif.

Pada sepeda motor berteknologi tinggi jika melibas banjir akan sangat rentan. Meskipun pada umumnya pabrik sudah mendesain sensor-sensor yang tersebar pada mesin itu terlindungi air, tapi jika kena apesnya, dan sensor itu ternyata bermasalah ketika terendam, sudah pasti terjadi korsleting. Kalau sudah begini jadi harus diagnosa ulang.

Ada teknik khusus agar air tak masuk ke ruang bakar melalui pembuangan. Tahan gas di posisi gigi satu supaya RPM tinggi dengan memainkan kopling. Kalau bisa jangan berhenti, tetapi resiko yang akan dialami adalah kampas kopling yang besar kemungkinan akan habis. Tetapi tetap lebih murah dibandingkan harus mengganti apabila water hammer.

Jika kendaraan mati ditengah banjir, paling bijak adalah tidak menyalakannya kembali, karena khawatir air sudah masuk ruang bakar. Ada baiknya langsung dibawa ke bengkel terdekat, copot busi dan lubangnya disemprot angin bertekanan tinggi dengan harapan air keluar semua sampai habis.

“Sambil diputar crank as pakai tangan, terus semprotkan angin sampai gerakan piston lancar kembali. Kemudian oli dibuang dengan oli biasa untuk membilas. Putar pakai tangan selama 10-15 menit, lalu ganti oli lagi sekaligus filternya,” jelas Bram.

Yang juga penting adalah memperhatikan letak air intake. Pada motor sport injeksi letak air intake tersebut terletak ditengah atau dibawah jok. Jadi kalau ketinggian air tidak sampai posisi intake, kemungkinan bisa melibas banjir.

 

Sumber : welovehonda.com

Foto : orongorong.com